1. Virtual Reality
Realitas virtual atau
Virtual Realitas (VR), yang dapat disebut
sebagai multimedia mendalam atau simulasi komputer realitas, ulangan lingkungan yang mensimulasikan kehadiran
fisik di tempat-tempat di dunia nyata atau dunia yang dibayangkan dan
memungkinkan pengguna berinteraksi di dunia itu. Realitas virtual artifisial menciptakan
pengalaman sensorik, yang dapat mencakup penglihatan, pendengaran, sentuhan,
dan bau. Paling up to date
realitas virtual ditampilkan baik pada layar komputer atau dengan khusus
menampilkan streoscopis, dan beberapa simulasi meliputi informasi sensorik
tambahan dan fokus pada suara riil melalui speaker atau headphone ditargetkan
pengguna VR. Beberapa canggih,
haptic sistem sekarang termasuk informasi taktil, umumnya dikenal sebagai umpan balik kekuatan dalam medis, game dan aplikasi militer. Selanjutnya, virtual reality meliputi lingkungan
komunikasi jarak jauh yang menyediakan kehadiran virtual dari pengguna dengan
konsep telepresence dan telexistence atau atrefak maya (VA) baik
melalui penggunaan perangkat input standar seperti keyboard dan mouse, atau melalui
multimodal perangkat seperti sarung kabel atau treadmill
omnidirectional. Lingkungan simulasi dapat mirip dengan dunia nyata dalam
rangka menciptakan sebuah pengalaman manusia hidup-misalnya, dalam
simulasi untuk pilot atau pelatihan pertempuran-atau berbeda secara signifikan
dari kenyataan, seperti di VR game.
Printer 3D atau dikenal juga sebagai Additive Layer Manufacturing
adalah proses membuat objek padat 3 dimensi atau bentuk apapun dari
model digital. Cara kerjanya hampir sama dengan printer laser dengan
tehnik membuat objek dari sejumlah layer/ lapisan yang masing-masing
dicetak di atas setiap lapisan lainnya. Teknologi
printing ini sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak sekitar 1980an
namun belum begitu dikenal hingga tahun 2010an ketika mesin cetak 3D ini
dikenalkan secara komersial. Dalam sejarahnya Printer 3D pertama
yang bekerja dengan baik dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp
pada tahun 1984. Sejak saat itu teknologi 3D printing semakin berkembang
dan digunakan dalam prototyping (model) maupun industri secara luas
seperti dalam arsitektur, otomotif, militer, industri medis, fashion,
sistem informasi geografis sampai biotech (penggantian jaringan tubuh
manusia).
3. Internet
Internet adalah sistem global yang saling
berhubungan jaringan komputer yang menggunakan protokol internet (TCP
/ IP) untuk menghubungkan miliaran perangkat di seluruh dunia. Ini adalah
jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan pribadi, umum,
akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah lokal untuk lingkup global,
dihubungkan oleh sebuah array yang luas dari elektronik, nirkabel, dan
teknologi jaringan optik. Internet membawa berbagai sumber daya informasi
dan layanan, seperti antar-linked hypertext dokumen dan aplikasi dari
World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon, dan
peer-to-peer jaringan untuk berbagi file. Internet akses
yang sangat cepat, mudah, dan dapat diakses Internet lebih menghubungkan kita
antara dunia virtual dan realitas. Area umum yang dipasang dengan konektivitas
WI-FI Internet sehingga orang dapat mengaksesnya setiap saat bahkan jika tidak
punya mobile Internet pada sistem komputasi, sistem mobile gateway serta e-Commerce telah
dapat mewakilinya dengan perubahan teknologi terbaru drastis dalam beberapa
tahun lalu. Ini berarti bahwa aspek lain dari bisnis online akan mengalami
lebih banyak inovasi tahun ini maupun pada tahun-tahun berikutnya di masa
depan.
4. SmartWatch
Smartwatch adalah
komputerisasi arloji dengan fungsi yang ditingkatkan melampaui ketepatan
waktu Sementara model awal dapat melakukan tugas-tugas dasar, seperti
perhitungan, terjemahan dan permainan-permainan smartwatches modern
secara efektif komputer dpt dipakai. Banyak smartwatches menjalankan
aplikasi mobile sementara sejumlah kecil model menjalankan sistem operasi
mobile dan fungsi sebagai media player portabel, menawarkan pemutaran
radio FM, audio, dan file video ke pengguna melalui
Bluetooth headset. Beberapa
model smartwatches, juga disebut 'menonton ponsel', fitur penuh
ponsel kemampuan, dan dapat membuat atau menjawab panggilan telepon. Seperti lain
komputer, smartwatch mungkin mengumpulkan informasi dari sensor internal
atau eksternal. Mungkin
mengontrol, atau mengambil data dari, instrumen atau komputer lain. Ini mungkin mendukung teknologi
nirkabel seperti Bluetooth,
Wi-Fi dan GPS. Untuk
berbagai tujuan, sebuah "jam tangan komputer" hanya berfungsi sebagai
front end untuk sistem remote, berkomunikasi dengan berbagai teknologi radio .
5. Gateway Sistem
Gateway sistem digunakan
untuk interkoneksi jaringan dimana masing-masing jaringan memiliki
arsitektur yang sangat berbeda jaringan yang dihubungkannya mempunyai protokol
yang berbeda mulai dari lapisan hubungan data sampai dengan lapisan
aplikasi. Gateway juga merupakan bentuk khusus dari
router yang digunakan untuk bertukar informasi dengan router lain
yang berlainan cara mengelola informasinya maupun cara
pencarian jalannya. Jadi bila satu jaringan yang berisi sekumpulan
router berjenis sama disebut autonomus system, hendak berhubungan dengan
jaringan dengan sistem rouer lain, diperlukan
satu buah gateway untuk masing-masing jaringan. Dua
buah gateway ini saling bertukar informasi dengan protokol antar
router yang berbeda sistem, yang disebut ERP (Experior Router Protokol).
Protokol yang dibuat untuk komunikasi gateway ini bekerja dalam bentuk
permintaan dan tanggapan yang dikirim dalam datagram IP.
6. Cloud Computing
Cloud Computing atau Komputasi awan yang
telah diperkenalkan beberapa tahun lalu kini bergeser menjadi teknologi masa
depan yang umum digunakan oleh miliyaran orang di seluruh dunia. Teknologi
Cloud memiliki teknologi terbaru yang dapat mengubah komputasi menjadi lebih
mudah diakses dan efisien bagi penggunanya. Cloud Computing menyajikan solusi
teknologi informasi yang telah berhasil mengatur data dalam sebuah platform
yang aman, tetapi sangat mudah diakses. Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'), dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.
Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0,
dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum
berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan
komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu Penjelajah Web dengan perangkat lunaj dan data yang tersimpan di server.
Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh
bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.
Karena semakin banyak tugas-tugas sehari-hari yang melibatkan penggunaan
komputer dan akses ke Internet, sangat penting untuk memastikan bahwa perangkat
teknologi dan platform tersebut jauh dari ancaman online untuk tetap menjaga
semua yang berharga dan data rahasia yang disimpan agar tidak dicuri oleh pihak
yang tidak bermoral. Banyak perusahaan sekarang tertarik untuk mengembangkan
langkah-langkah keamanan online yang lebih lanjut untuk memperkuat platform
online yang lebih stabil dan lebih aman. Para Pengembang berharap kemajuan di
bidang keamanan online dapat mengurangi atau memberantas virus dan pencurian
identitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar